DAMPAK PERUNDUNGAN BAGI SISWA DI DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH

Dekza Khoirurhuda, Tabina Nisa, Nabilla Thaleza, Alya Az Zahra, Asnawati Fransita, Delima Mukti, Nilva Afifah, Rustiady Al Ghathafany, Tiyara Primalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perundungan bagi siswa/siswi di lingkungan sekolah. Data yang diteliti yaitu: pengetahuan korban terhadap bullying, perilaku bullying di lingkungan, tindakan terhadap bullying, bentuk bullying yang pernah dialami, dan tanggapan siswa/siswi terhadap bullying di masa sekarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian untuk penanggulangan agar kita lebih melek akan perundungan di sekitar kita,target dari penelitian ini merupakan siswa/i SMKS YMIK dan tercatat jumlah responden ada 30 siswa. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik observasi yang dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan dan quesioner melalui media gform lalu link tersebut kami bagikan ke masing masing responden.


Kata Kunci : Dampak Perundungan, Lingkungan Sekolah



References


alprianto, d. (2020). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VI” di. indonesia.

Darmayanti, K. K., Farida, K., & Situmoran, D. D. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya. Jurnal Ilmu Pendidikan , 17, (1). 56-64.

hermawan, s. a. (2021). perilaku bullying dan dampak pada korban. 1-15.

Jannah, R. (2019). Upaya Puspaga Dalam Pencegahan Bullying Verbal Pada Remaja di Tulungagung.

Meta, Y. (2017). Dampak Perilaku Bullying Pada

Siswa di SMA Pangudi Luhur 1 Klaten

Tahun Ajaran 2017/2018.

ranny, azizi, r., rianti, e., amelia, s. h., novita, m. n., & lestarina, e. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 40-47.

rexady, v. g. (2017). Pengaruh komunikasi persuasif suhay salim terhadap keputusan pembelian skincare safi. studi pada mahasiswi ekonomi islam fakultas ekonomi bisnis islam universitas islam negeri raden fatah palembang , 29-52.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh

Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja.

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4, (1).23-29.

Susilo, P., & Setiawati, D. (2021). Studi Tentang Perilaku Bullying Verbal dan Penangannya Pada Siswa Kelas XI SMA I

Al-Aly Kelitidu Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 12, (1). 54-63.

Tumon, M. B. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3, (1).

-17.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, (2). 324-340.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.