PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP KEPERCAYAAN SISWA SMAN 57 JAKARTA BARAT

Nadya Rahmadini, Marza Kautsar, Muhammad Azzurry, Muhammad Allifi, Afrizal Afrizal, Rafly Hanafi, Bibit Amarudin, Havier Purnama, Ibadurrahman Ibadurrahman, Gilang Ramadhan

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bullying di sekolah, termasuk definisi, karakteristik, bentuk dan faktor yang mendahuluinya. Secara lebih spesifik, artikel ini membahas dampak bullying terhadap masa depan anak. Menurut literatur dan berbagai penelitian, bullying di masa kanak-kanak dan sekolah diduga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan gangguan psikologis di masa dewasa mereka. Beberapa gangguan yang tercatat terkait dengan dampak jangka panjang bullying di sekolah adalah post-traumatic stress disorder (ptsd), depresi, kurang percaya diri, dan penarikan diri. Pada akhirnya, tulisan ini akan mengusulkan cara dan metode dalam mengatasi dan mencegah bullying dan dampaknya.


Kata Kunci : perundungan, perundungan di sekolah, gangguan stress pasca trauma, pencegahan perundungan.



References


Akbar, G. (2013). Mental imagery mengenai lingkungan sosial yang baru pada korban bullying. eJournal Psikologi, Vol. 1 No. 1. Hal.

-37

Olweus, Dan. 1993. Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Massachussetts: Blackwell Publishing.

Hall, Calvin S., & Gardner Lindzey. 1993. Psikologi Kepribadian 1: Teori-teori Psikodinamik (Klinis). Yogyakarta: Kanisius.

Soedardjo dan Helmi Avin Fadilla. Beberapa Perspektif Perilaku Agresi. Buletin Psikologi. Tahun VI, No. 2 Desember 1998.

Davidoff, Ronald, dkk. Al. Agresi dan Kontra Agresi selama Rawat Inap Psikiatri Anak. Jurnal Akademi Psikiatri Anak dan Remaja Amerika. Vol. 29, Edisi 2. Maret 1990.

Retyan Sekar (2022). Diambil kembali dari https://kumparan.com/kumparannews/survei- kemendikbud-ada-24-4-potensi-bullying- terjadi-di-sekolah-1xrtJpvCyAs

Nita Oktifa (2022). diambil Kembali dari https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara- mengatasi-bullying-dan-tips-untuk- mencegahnya

S. Dian Andryanto (2021). diambil kembali dari https://nasional.tempo.co/read/1446486/bullyi

ng-verbal-sebagai-kekerasan-dalam-uu- perlindungan-anak-ancaman-pidana

Dwi Latifatul fajri(2022). Diambil kembali

dari https://katadata.co.id/intan/berita/61d314fbc2

b2/memahami-bullying-penyebab-dan-cara- mengatasinya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.