PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS SISWA/I SMA AL-CHASANNAH JAKARTA

Citra Liani, Renny Oktavia, Zahra Pebriyanti, Lastri Amelia, Nadya Wulandari, Fatika Faisa, Marta Seselia, Marlita Ardana, Natasya Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bullying terhadap perkembangan psikologis siswa/i SMA AL – CHASANAH Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek kelas X IPA 1 dan X IPS 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji credibility dan dependability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying terjadi dalam empat bentuk yaitu bullying fisik (mengambil paksa barang, memukul, meminta uang dengan paksa, dan menyudutkan korban), bullying verbal (memanggil dengan nama julukan, memanggil dengan kekurangan fisik, mengolok- olok, dan berkata kasar, bullying sosial (mengucilkan), dan bullying elektronik (mengambil foto tanpa ijin dan menyebarkan ke sosial media). Pelaku bullying memiliki kekuatan fisik dan sosial yang lebih dibandingkan dengan siswa lain, kemampuan interpersonal skill yang buruk, kurang bertanggung jawab, kurang empati, kendali diri yang lemah dan agresif. Korban bullying memiliki penampilan fisik yang berbeda, pendiam, pasif, rendah diri, dan memiliki kemampuan finansial yang lebih.


Kata kunci : bentuk bullying, karakteristik pelaku bullying, karakteristik korban bullying

References


Alexander dikutip Sejiwa,2008.10 dalam widiharto 2008.2 Bullying dan Peserta didik. Diakses dari: http://www.usnews.com/education/blogs/hi gh-school-notes/

Oakley.1999:156.30 Oktober 2010 Penelitian Kuantitatif diakses dari http://www.blogs.peneltiankuantitatif.Devan ia annesya.com Prof.Heru.2006.observasi.Penerbit: PT.Rem aja Rosdakarya Ramdan, Dadan Muhammad.

Inilah Catatan Kasus Kekerasan di

Sekolah. Diakses Dari:http://okezone.com/Bullying/inilah-catatan- kasus-kekerasan-di-sekolah.htm

Ratna Djuwita, (2008). Bullying: Kekerasan

Terselubung di Sekolah. Diakses dari : http://www.anakku.net, 20 Nopember 2013. Riauskina,Djuwita dan Soesetro (2001). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara Sugiyono. 2003. Deskriptif Kualitatif. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. Penerbit: PT.Remaja Rosdakarya. Suryanto,2007.1 dalam Widiharta.2 Bullying dan Peserta didik.

Yuyun. 2011. Masalah Kesehatan Mental Remaja di Era Globalisasi. Diakses dari : http://blogs.unpad.ac.id/yuyun71/Bullying/K esehatanMental_blognyayuyun.htm http://wardhanaadhitya3.blogspot.com/ https://deepublishstore.com/contoh-penutup/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.