PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA/I SMA NEGERI 57 JAKARTA

Mohamad Ramadhan, Mirza Fahmi, Mohammad Khoharuddin, Adhitya Kurnia, Muhammad Fadhilah, Alpha Pratama, Solikhin Harunsah, Haikal Fanza, Tsalis Ummah

Abstract


Bullying adalah perilaku yang bersifat menyerang atau merendahkan seorang individu yang biasanya dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang dengan tujuan memperoleh kepuasan. Tindakan bullying di lingkungan pendidikan adalah berbagai bentuk tindak kekerasan baik kekerasan secara verbal, non verbal, langsung, maupun tidak langsung. Secara umum bullying menjadi suatu ancaman terhadap dunia pendidikan karena dampak yang diakibatkannya. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat siswa belajar dan menuntut ilmu serta tempat untuk membentuk karakter, pada kenyataannya banyak ditemukan praktik perundungan. Oleh karena itu perundungan atau bullying ini masih menjadi salah satu 3 dosa besar di dunia pendidikan yang harus segera dihapuskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap kesehatan mental siswa/I di SMAN 57 Jakarta dengan sampel siswa-siswi di sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara dan angket. Responden adalah siswa/I  kelas X, XI, XII SMAN 57 Jakarta.

Kata kunci : Perundungan, Kesehatan Mental, Pelajar dan 3 Dosa Besar Pendidikan

References


Athi” Linda Yani, Indah Winarni, dan retno

Lestari. (2016). Jurnal Ilmu

Keperawatan Vol 4.

Barbara Coloroso. (2003). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU).

Cholid Narbuko, H. Abu Achmadi. (2013).

Metodelogi Penelitian. Jakarta

Bumi Aksara. Edisi 1 Cetakan 13. Dede Rahmat Hidayat, Herdi. (2013).

Bimbingan Konseling Kesehatan

Mental di Sekolah.

E. Ktisti Poerwandari. (1998). Pendekatan kualitatif dalam penelitian

psikologi.

Hasbullah. (2010). Otonomi pendidikan :

kebijakan otonomi daerah dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. Rajawali Pers, 2010 (cetakan ke 3).

Hopkins. (2008). Wiriatmadja : Metode

Penelitian Tindakan Kelas. Hal

,

Indonesia. Undang-Undang No 20 Tahun

tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Jalaluddin. (2004). Psikologi Agama.

Halaman 9.

Olweus. (1994). Bullying at School. PT.

Raja Grafindo Persada, 2004 ( Edisi

Revisi ke 8).

Prof. Dr. Musthafa Fahmy. (1982).

Penyesuaian Diri : Pengertian dan Perannya Dalam Kesehatan Mental.

Ponny Retno Astuti. (2008). Meredam

Bullying (3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada

anak).

S. Nasution. (2006). Metode Research.

Bandung, Bumi Aksara 2006 . Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.